Kamis, 10 Oktober 2013

Catatan Kecil Bu Guru 1

Pada hari Kamis , empat hari menjelang hari raya Idhul Adha .Tepatnya tanggal 10 Oktober 2013.Rita dan teman-temannya tidak bisa konsentrasi belajar.Mereka semua ramai sekali seperti di pasar burung Kupang.
Bu Dwii sampai berteriak hanya untuk membuat mereka semua terdiam, maklum kebanyakan murid.Jumlah murid satu kelas 47 anak.Mereka bervariasi ada yang nakal, pendiam , suka keluyuran dan bahkan ada yang senang berteriak seperti di hutan saja, mungkin dia merasa seperti anaknya tarsan kota.
 Repot sekali .Susah juga ternyata mengatur mereka.Mereka masih kurang tanggung jawab dan tak ada pengertian sedikitpun. Mereka masih suka bermain-main seperti anak kelas TK A.Repot-repot.
Rita bingung melihat teman-temannya bertingkah seperti burung yang dilepas dari sangkarnya.Bahkan merekan saat istirahat berkeliling melihat para pedagang kambing yang mulai berjajar -jajar disepanjang jalan Banyu Urip dan di sebagian jalan di Kota Surabaya.Saat bel mau masuk , Ya Allah, Bu Dwi mau muntah-muntah.Bagaimana tidak, Semua murid yang laki-laki baunya seperti kambing.Huek-huek ho..... ho
Ternyata mereka tidak cuci tangan .Ya ampun tentunya banyak sekali kuman-kuman penyakit ditangan mereka semua. Ah jorok benar !Tidak ada rasa jijik sama sekali.
Saat mau pulang pun mereka ramai sekali.Duh aduh pusing sekali.Untung tadi pagi sudah sarapan dan makan siang, kalau tidak wah, bisa pinsan dibuatnya.Heran-heran. Ya Allah mereka ya mereka anak-anak terus apa mereka mau di jewer? Wah, jangan coba-coba .Awas loh ada HAM anak!Jadi biarkan saja mereka dengan tingkahnya.
Trus bagaimana jadinya tanpa disiplin dan ketertiban ? Pasrah deh sama Allah yang penting sudah berusaha semaksimal mungkin menjadikan mereka yang terbaik.Tak ada yang dibuat-buat semua berjalan seperti air mengalir.
Bu Dwi berteriak lagi, ya, untuk memberi pengumuman bahwa besuk hari Jumat tanggal 11 Oktober 2013 ada kegiatan 'Jumat Bersih'.Semua siswa wajib membawah peralatan kebersihan sapu lidi, sapu injuk, dan cikrak.Mereka memakai baju olah raga, biar seragam mereka tidak kotor.Ya semoga sukses program 'Jumat Bersih." Aamiin
Surabaya, 10 Oktober 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar